Beranda > Makanan Kesehatan > Manfaat buah untuk Bayi

Manfaat buah untuk Bayi

Maret 31, 2012

Makanan pendamping ASI yg diperlukan bayi akan semakin meningkat sesuai dengan pertambahan usianya. Makanan padat pertama yg diperkenalkan kepada bayi adalah makanan berupa cairan, untuk itu makanan tambahan yg pertama kali anda perkenalkan sebaiknya berbentuk lembut dan agak cair. Misalnya bubur susu atau bubur tepung beras yg dicampur ASI atau susu formula. Baru setelah itu meningkat dari bubur ke beras yg disaring, ditim dan akhirnya makanan keluarga yg dapat memancing untuk diraih dan dipegang untuk anak.

BUBUR SUSU

Makanan pendamping ASI pertama yg sebaiknya diberikan kepada bayi adalah dalam bentuk cair dan lembut. Jenis makanan yg mempunyai tekstur demikian lebih sering disebut bubur susu. Pada usia ini otot dan syaraf di dalam mulut bayi belum cukup berkembang, maka bayi akan cenderung mendorong makanan ke luar dari mulutnya dan tidak dapat mengendalikan lidahnya secara penuh. Oleh karena itu, makanan pertama yg sebaiknya diperkenalkan adalah makanan berbentuk cairan.

Bubur susu terdiri dari bahan utama ASI atau susu formula yg ditambah dengan bahan padat yg berfungsi sebagai makanan pokok yg banyak mengandung karbohidrat, sepreti tepung beras, kentang, ubi, havermout, pisang, sukun, maizena, jagung dan lain sebagainya.

Di samping jenis karbohidrat yg diperkenalkan, cara pemberiannya pun harus bertahap. Jangan memaksa agar anak dapat menghabiskan makanan yg telah anda siapkan. Tahap pertama mungkin hanya satu suap atau dua suap bubur susu. Kemudian secara bertahap dapat anda tambahkan jumlah suapannya sesuai kemampuan bayi menikmati makanan baru tersebut. Cara memilih bahan makanan pertama yg sebaiknya anda perkenalkan antara lain : bubur susu beras atau bahan hidrat arang lain yg tidak banyak mengandung gluten. Wortel, kentang, brokoli serta kembang kol juga dapat mulai diperkenalkan sejak dini. Avokad, pisang, apel, pir atau pepaya merupakan makanan buah pertama yg dapat diberikan kepada bayi anda. Sedangkan jenis bahan pangan pertama yg tidak dianjurkan antara lain makanan yg banyak ditambah garam dan gula secara berlebihan seperti daging asap, ikan asin, dan makanan beragi. Kopi, the, coklat serta makanan beralkohol, kerang dan makanan yg banyak mengandung gluten.

BUBUR BUAH

Pepaya
Merupakan sumber betakaroten yg sangat baik, sehingga buah ini jika dikonsumsi secara teratur akan mampu mencegah kerusakan sel yg disebabkan oleh radikal bebas.

Di samping itu buah pepaya juga dapat memenuhi kebutuhan akan vitamin C. pepaya juga mengandung zat mineral kalium dan magnesium yg sangat tinggi, serta mengandung senyawa flavonoid. Pepaya juga mengandung enzim papain yg berfungsi sebagai penghancur serat makanan sisa, sehingga dapat mencegah terjadi sembelit. Buah pepaya yang dikonsumsi secara teratur akan sangat bermanfaat untuk mengobati lambung yg luka dan mengurangi panas tubuh pada saat demam. Untuk membuat bubur buah pepaya saat pengenalan sebagai makanan pendamping sebaiknya direbus lebih dahulu dengan jumlah air sama dengan jumlah buahnya. Pemberiannya juga dilakukan secara bertahap, jangan langsung dalam jumlah banyak, sebab jika jumlah terlalu banyak akan menyebabkan hiper karoten, bahkan akan terganggu saluran pencernaannya.

Melon dan Semangka
Melon merupakan buah yg kaya akan Vit A, B kompleks dan Vit C. selain itu juga banyak mengandung mineral kalium dan magnesium, sehingga baik untuk membersihkan sistem sirkulasi darah dari berbagai jenis racun yg tidak berguna untuk tubuh. Khusus melon yg berwarna orange, sangat kaya akan zat beta karoten, seperti halnya wortel dan pepaya

Demikian juga semangka yg banyak mengandung vit utama yg diperlukan oleh tubuh. Khusus untuk melon dan semangka yg banyak mengandung air, maka tahap pengenalannya sebaiknya dilakukan secara bertahap dengan jumlah yg sesuai dengan selera bayi.

Avokad
Buah ini banyak mengandung Vit A dan E. karena kandungan lemaknya cukup tinggi,maka kedua jenis vitamin tersebut mudah diserap oleh tubuh. Kandungan lemaknya tergolong jenis yg sehat sehingga baik untuk pertumbuhan sel otak bayi. Di samping itu untuk menurunkan kandungan kolesterol dan dapat meningkatkan jumlah karbohidrat yg terserap dalam tubuh sehingga bayi dapat terhindar dari malnutrisi.

Avokad juga mengandung mineral kalium tetapi rendah mineral natrium, jadi jika dikonsumsi teratur dan rutin dapat mencegah serangan tekanan darah tinggi, jantung koroner dan stroke.

Cara mudah memilih buah avokad yg baik adalah pilih buah yg berkulit hijau tua atau semburat ungu tua dengan permukaan kulit yg licin. Hindari buah yg berkulit keriput. Buah yg empuk sudah menjadi tanda siap dikonsumsi.

Pisang
Secara umum kandungan gizi yg terdapat dlm setiap pisang matang adalah : kalori 99, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, Vit A 44 SI, Vit B 0,08 mg, Vit C 3 mg dan air 72 gram

Pisang mudah diserap oleh tubuh, bahkan oleh bayi. Karena itu pisang dapat digolongkan jenis buah yg dapat diperkenalkan secara dini bagi bayi. Pilihlah pisang yg sudah matang, yg kulitnya hijau kekuning2an dengan bercak cokelat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yg mentah akan sulit dicerna.

Pir
Buah pir dapat digolongkan jenis buah yg mudah dicerna oleh bayi, untuk itu pir dapat diperkenalkan secara dini kepada bayi. Pirbaik dikonsumsi sejak awal agar kelak dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Di samping itu warna kulit kuning dan hijau pada pir dapat bermanfaat sebagai zat anti bakteri. Pir juga kaya akan kandungan serat yg dapat membantu memperlancar proses pencernaan makanan dalam tubuh. Dalam buah pir terkandung asam chlorogenic yg merupakan salah satu asam hydroxy cinnamix. Asam ini cenderung banyak berkumpul pada bagian kulit buah pir. Karena itu untuk mendapatkan manfaat pir yg terbaik, semestinya mengkonsumsinya bersama kulitnya. Bila diberikan pada bayi, buah pir sebaiknya dikupas terlebih dahulu kemudian diblender tanpa tambahan gula

Apel
Menurut berbagai hasil penelitian para ahli, apel dapat mengurangi resiko terkenanya berbagai jenis penyakit seperti kanker, serangan jantung, diabetes, dsbnya. Apel mengandung zat mineral boron yg sangat diperlukan wanita kelak, sebab kebiasaan makan apel setelah dewasa akan mengatasi masalah penyimpangan alat reproduksi wanita.

Apel kaya akan serat, fitokimia dan flavonoid. Fitokimia dalam apel berfungsi sebagai zat anti oksidan yg dapat melawan kolesterol jahat (LDL< Low Density Lipoprotein) yg potensial menyumbat pembuluh darah. Pada saat bersamaan anti oksidan akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL, High Density Lipoprotein) yg bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Sedangkan zat flvonoid merupakan unsur yg dapat mengurangi resiko terkena radikal bebas yg menyebabkan penyakit kanker.

Untuk itu apel sangat baik diperkenalkan pada tahap awal. Cara membuatnya, apel direbus dengan jumlah air sesuai dengan jumlah buahnya. Kemudian dihaluskan, setelah itu baru dicampur dengan ASI atau susu formula

Anggur
Buah anggur terutama yg berwarna merah atau coklat kehitaman banyak mengandung senyawa flavonoid yg berguna sebagai zat anti oksidan. Anggur merah juga dapat menurunkan kadar LDL dari dalam tubuh. Kandungan zat boron dalam anggur juga cukup tinggi. Mineral ini sangat bagus dikonsumsi bayi perempuan, sebab nanti zat tersebut dapat mempertahankan kadar kenormalan estrogen dalam darah wanita, sehingga dapat terhindar dari terjadinya keropos tulang. Kandungan gula yg tinggi pada anggur dapat menghasilkan energi yg cepat

Belimbing Buah
Belimbing buah banyak mengandung serat makanan, vit A dan C serta kalium. Zat gizi ini bermanfaat dalam menjaga kenormalan fungsi orga2 perncernaan sitem pembuluh darah dan jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Belimbing buah juga baik dikonsumsi untuk menambah daya tahan tubuh

Jeruk
Jeruk kaya akan Vit dan mineral serta zat gizi sesensial lainnya meliputi karbohidrat (zat gula dan serat makanan), potasium, folat, kalsium, niasin, Vit B6, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan 170 senyawa fitokimia. Keunggulan lainnya, jeruk tidak mengandung kolesterol, sodium dan lemak. Sedangkan kandungan kalorinya rendah. Sebutir jeruk segar berukuran sedang hanya mengandung 60-80 kalori.

Karbohidrat yg terkandung di dalam jeruk merupakan karbohidrat sederhana antara lain glukosa, sukrosa dan fruktosa. Sedangkan seratnya merupakan karbohidat kompleks non pati yg baik untuk kesehatan. Serat ini berfungsi sebagai pengikat zat2 gizi yg larut dalam air pada matriks gel, sehingga ikatan kompleksnya dapat membuat lambung tetap terisi secara lama. Keadaan ini artinya memperpanjang rasa kenyang, maka proses pencernaan dan penyerapan makanan juga menjadi lama.

Vit C dalam jeruk sudah tidak diragukan lagi jumlahnya. Vit c selain sebagai bahan yg dapat menambah daya tahan tubuh, juga dapat berperan untuk membantu proses penyerapan zat besi, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Tomat
Tomat kaya akan lycopen, yaitu suatu anti oksidan yg mampu mencegah dan mengurangi resiko terkena kanker terutama kanker leher rahim, ginjal dan pankreas. Kandungan Vit A dan C nya berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. 100 gr tomat berukuran sedang mampu menyediakan separuh dari kebutuhan Vit C tubuh

Jambu biji
Jambu biji merupakan buah tropis yg kandungan Vit C nya paling tinggi dibanding jenis buah lainnya. Paling tidak dalam 100 gr mengandung Vit C kurang lebih 87 mg. karena itu jambu biji sanggup berperan untuk memulihkan fungsi ketahanan tubuh. Secara klinis memang belum terbukti hubungan jambu biji dan demam berdarah, tetapi dengan jambu biji dibuat jus atau minuman akan membantu menormalkan kembali berkurangnya cairan plasma akibat demam berdarah.
Sumber :
Bubur Buah karangan Hindah Muaris